Selasa, 14 Mei 2013

STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE (SUMBER DAYA INSANI)

Diposting oleh Unknown di 7:36:00 PM


Shamhatur Robiah (10510021)
BAB IX
STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE
(SUMBER DAYA INSANI)
People merupakan orang-orang yang mengerjakan semua kegiatan mendelievery produk sampai ke tangan konsumen. Orang-orang yang melakukan kegiatan ini harus memiliki passion atau semangat. People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar.
Penetapan struktur organisasi


 
Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian:
1.      Manajer Umum:          Mengawasi dan mengatur setiap kegiatan (pemrosesan) pada Cookycake Catering
2.      Produksi (Koki):         Mengolah dan menata makanan
3.      Administrasi dan keuangan:   Mencatat biaya (keuangan) masuk dan keluar Cookycake Catering selain itu juga mencatat apa yang dibutuhkan Cookycake Catering
4.      Pemasaran:                  mempromosikan mengenalkan produk Cookycake Catering sehingga bisa dikenal oleh masyarakat.
Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian:
1.      Manajer Umum:          Persyaratannya S1 Manajemen
2.      Produksi (Koki):         Pendidikan minimal smk tataboga
3.      Administrasi:               Pendidikan minimal D3
4.      Pemasaran:                  Pendidikan S1 Manajemen pemasaran
Penetapan program pengembangan SDM:
Pengelolaan SDM perusahaan jasa :

  •  Attitude, Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Cookycake Catering sangat memperhatikan attitude karyawannya dengan menetapkan standarisasi pada karyawan melalui pelatihan peningkatan kualitas karyawan setiap enam bulan sekali.
  • Motivation, motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan. Karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi pada perusahaan Cookycake Catering tentu akan memberikan sumbangsi yang besar bagi perusahaan berupa kinerja yang baik. Sehingga akan mempengaruhi perusahaan secara keseluruhan termasuk mampu meningkatkan penjualan.
  • Communication, Cookycake Catering telah memberikan pelatihan mengenani tata cara berkomunikasi dengan pelanggan, bagaimana cara menawarkan barang, mempengaruhi pelanggan agar bisa melakukan pembelian atau menggunakan jasa.
  • Taste, Cookycake Catering telah memberikan pelatihan atau kursus membuat kue pada koki sehingga Cookycake Catering memiliki positioning cita rasa yang khas karena dioleh oleh koki yang berpengalaman.

Terdapat empat kriteria peranan atau pengaruh dari aspek people yang mempengaruhi konsumen, yaitu :

  • Contractor, people disini berinteraksi langsung dengan konsumen dalam frekuensi yang cukup sering dan sangat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Pada Cookycake Catering, orang-orang yang bertugas sebagai contractor adalah orang-orang pilihan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan mampu mempengaruhi konsumen. Biasanya karyawan yang dipilih akan terjun langsung ke lapangan untuk memasarkan tentang produk dan jasa perusahaan Cookycake Catering.
  • Modifier, mereka tidak secara langsung mempengaruhi konsumen untuk membeli tetapi cukup sering berhubungan dengan konsumen, misalnya kasir dan waiters. Posisi kasir dan waiters pada Cookycake Catering memang tidak memberikan pengaruh langsung kepada konsumennya namun kualitas kasir dan waiters Cookycake Catering harus tetap terjaga agar mampu memberikan nilai tambah bagi Cookycake Catering.
  • Influencer, mereka mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk membeli tetapi tidak secara langsung kontak dengan konsumen. Influencer pada Cookycake Catering bekerja sama dengan contractor untuk mempengaruhi konsumen namun Influencer lebih berperan di belakang contractor, seperti memberi pengarahan dan mengatur strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik konsumen.
  • Isolated, people ini tidak secara langsung ikut serta dalam marketing mix dan juga tidak sering bertemu dengan konsumen. Misalnya karyawan bagian administrasi penjualan, SDM,koki dan data processing. Tanpa isolated pada Cookycake Catering, perusahaan akan pincang. Adanya kerja sama dan besarnya perhatian terhadap peningkatan kualitas isolated pada Cookycake Catering memberikan pengaruh pada peningkatan penjualan.



0 komentar on "STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA/PEOPLE (SUMBER DAYA INSANI)"

Posting Komentar

 

Cookycake Catering Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by web hosting