Selasa, 14 Mei 2013

STRATEGI PROMOSI JASA

Diposting oleh Unknown di 7:26:00 PM


Shamhatur Robiah (10510021)
BAB VIII
STRATEGI PROMOSI JASA
Dunia pemasaran terus berkembangan mengikuti zaman dan pola hidup manusia yang terus berubah. Banyak teori-teori dan strategi yang terdapat dalam konsep pemasaran terus menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada saat ini. Begitu juga dengan strategi bauran promosi (Promotion Mix), awalnya hanya mengenal lima dimensi yaitu advertising (iklan), personal selling (penjualan personal), sales promotion (promosi penjualan), public relation (hubungan masyarakat) dan direct marketing (pemasaran langsung) realitanya saat ini word of mouth (informasi dari mulut ke mulut) juga menjadi dimensi dalam bauran promosi yang dinyatakan oleh majalah SWA dimana word of mouth juga sangat berpengaruh dalam mempromosikan produk atau jasa dimana strategi ini tidak mengeluarkan biaya tambahan hanya mengutamakan kualitas yang baik maka promosi akan berjalan dengan lancar. Strategi ini diterapkan dalam Cookycake Catering untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan.

  • Advertising (iklan), iklan merupakan media promosi yang paling banyak digunakan oleh pemasar. Melalui media iklan seperti iklan cetak (Koran,majalah), elektronik(Radio), brosur, selebaran, dan sebagainya, Cookycake Catering mampu menarik banyak pelanggan, karena iklan memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat. 
  • Personal selling (penjualan personal), komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk. Metode ini lebih sering digunakan Cookycake Catering pada saat melakukan event-event, yakni para sales memberikan penjelasan apa saja yang dilayani dan apa yang tersedia di Cookycake Catering . Selain itu, tatap muka juga sering dilakukan di kantor Cookycake Catering itu sendiri. Jika ada produk baru, maka karyawan langsung menawarkan kepada pelanggan.
  • Sales promotion (promosi penjualan), adalah bentuk persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Promosi penjualan yang dilakukan Cookycake Catering seperti diskon besar-besaran diakhir tahun, special sale untuk anggota dengan member card, undian berhadiah setiap enam bulan sekali, dan keuntungan lainnya bagi pemilik member card.
  • Public relation (hubungan masyarakat), membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya. Cookycake Catering selalu berusaha agar produknya diterima di masyarakat seperti menjadi sponsor. Contohnya produk CookycakeCatering menjadi sponsor buka bersama dengan 1000 anak yatim dll.
  • Direct marketing (pemasaran langsung), sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.
  • Word Of Mouth (informasi dari mulut ke mulut), strategi ini sangat berpengaruh dalam mempromosikan produk atau jasa dimana strategi ini tidak mengeluarkan biaya tambahan hanya mengutamakan kualitas yang baik maka promosi akan berjalan dengan lancer, jadi strategi ini harus benar-benar berhati-hati dalam melayani pelanggan karena apabila pelanggan merasakan ketidak nyamanan maka bisa jadi pelanggan tersebut akan mengungkapkan ketidaknyaman pada pelanggan ataupun calon pelanggan yang lain dimana hal tersebut akan menjadi patok ular yang akan cepat menyebar dan akan mengakibatkan penurunan konsumsi dan tentunya merugikan. Strategi ini menurut majalah SWA adalah strategi yang paling berpengaruh.



1 komentar on "STRATEGI PROMOSI JASA"

Arthur Teknik on 5:55 PM, Juli 04, 2019 mengatakan...

Infonya bermanfaat banget, makasih ya.
Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan event atau lainnya bisa coba menghubungi kami dari Arthur Teknik.

Terima kasih ya min.
Salam blogger.

Posting Komentar

 

Cookycake Catering Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by web hosting