PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE DALAM KUALITAS JASA
o Reliability (reliabilitas), yaitu kemampuan perusahaan untuk
memberikan pelayanan yang akurat sejak pertama kali tanpa membuat kesalahan
apapun dan menyampaikan jasanya sesuai dengan waktu yang disepakati.
o Responsiveness (daya tanggap), Cookycake Catering
telah mengadakan pelatihan kepada karyawan mengenai kesigapan karyawan dalam
melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam menangani transaksi, dan
penanganan keluhan pelanggan.
o Assurance (Jaminan), yakni perilaku karyawan mampu menumbuhkan
kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan perusahaan bisa menciptakan rasa
aman bagi para pelanggan. Cookycake Catering telah memberi jaminan
bahwa karyawannya selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan keterampilan
yang dibutuhkan untuk menangani konsumen. Jika karyawan Cookycake Catering dirasa masih kurang
memberikan yang terbaik atau harus mengubah pelayanan maka akan diadakan lagi
pelatihan untuk karyawan.
o Dimensi kepastian atau jaminan ini merupakan gabungan dari dimensi:
§ Kompetensi (Competence), artinya keterampilan dan pengetahuan yang
dimiliki oleh para karyawan untuk melakukan pelayanan.
§ Kesopanan (Courtesy), yang meliputi keramahan, perhatian, dan sikap
para karyawan.
§ Kredibilitas (Credibily), meliputi hal-hal yang berhubungan dengan
kepercayaan kepada perusahaan, seperti reputasi, prestasi, dan sebagainya.
§ Empathy (empati), yaitu perhatian individual yang diberikan
perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahan untuk menghubungi perusahaan,
kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan
untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggannya.
Dimensi ini merupakan
penggabungan dari dimensi:
·
Akses, meliputi kemudahan untuk
memanfaatkan jasa yang ditawarkan perusahaan.
·
Komunikasi, merupakan kemampuan
melakukan komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan atau
memperoleh masukan dari pelanggan.
·
Pemahaman pada pelanggan,
meliputi usaha perusahaan untuk mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan
pelanggan.
·
Tangibles (bukti fisik),
meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office,
tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruangan,
kelengkapan peralatan komunikasi, dan penampilan karyawan
0 komentar on "PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE DALAM KUALITAS JASA"
Posting Komentar