KUALITAS
PELAYANAN
Dimensi
dan Atribut Model SERVQUAL
No
|
DIMENSI
|
ATRIBUT
|
|
01
|
Reliabilitas
|
01
|
Menyediakan jasa sesuai yang
dijanjikan.
|
02
|
Dapat diandalkan dalam menangani
masalah jasa pelanggan.
|
||
03
|
Menyampaikan jasa secara benar
semenjak pertama kali.
|
||
04
|
Menyampaikan jasa sesuai dengan
waktu yang dijanjikan.
|
||
05
|
Menyimpan catatan/dokumen tanpa
kesalahan.
|
||
02
|
Daya Tanggap
|
06
|
Menginformasikan pelanggan tentang
kepastian waktu penyampaian jasa.
|
07
|
Layanan yang segera/cepat bagi
pelanggan.
|
||
08
|
Kesediaan untuk membantu
pelanggan.
|
||
09
|
Kesiapan untuk merespons
permintaan pelanggan.
|
||
03
|
Jaminan
|
10
|
Karyawan yang menumbuhkan rasa
percaya para pelanggan.
|
11
|
Membuat pelanggan merasa aman
sewaktu melakukan transaksi.
|
||
12
|
Karyawan yang secara konsisten
bersikap sopan.
|
||
13
|
Karyawan yang mampu menjawab
pertanyaan pelanggan.
|
||
04
|
Empati
|
14
|
Memberikan perhatian individual
kepada para pelanggan.
|
15
|
Karyawan yang memperlakukan
pelanggan secara penuh perhatian.
|
||
16
|
Sungguh-sungguh mengutamakan
kepentingan pelanggan.
|
||
17
|
Karyawan yang memahami kebutuhan
pelanggan.
|
||
18
|
Waktu beroperasi (jam kantor) yang
nyaman.
|
||
05
|
Bukti Fisik
|
19
|
Peralatan modern.
|
20
|
Fasilitas yang berdaya tarik
visual.
|
||
21
|
Karyawan yang berpenampilan rapih
dan professional.
|
||
22
|
Materi-materi berkaitan dengan
jasa yang berdaya tarik visual.
|
Sebagai langkah awal dalam pengelolaan jasa, Cookycake Catering melakukan identifikasi terhadap posisinya di mata pelanggan serta harapan-harapan pelanggan dengan begitu Cookycake Catering akan mudah mengambil langkah dalam pemenuhan keinginan pelanggannya. Cookycake Catering juga tidak pernah memberikan janji-janji tanpa bukti. Misalnya Cookycake Catering menjanjikan pemberian 1 free pass makan dan minum untuk pelanggan yang menggunakan layanan sebanyak 5X, tidak membiarkan pelanggan antri dalam hal menggunakan jasa, pemberian layanan secara cepat dan tepat dan lainnya, kesemua ini benar-benar diaplikasikan Cookycake Catering sehingga pelanggan loyal. satu hal yang dijadikan pedoman bagi Cookycake Catering yaitu tidak menjanjikan apa yang tidak bisa diberikan tetapi memberikan lebih dari yang dijanjikan. Cookycake Catering selalu berusaha memberikan yang terbaik melalui pengelolaan yang benar-benar terjaga kebersihan dan kualitasnya dan tentunya menggunakan bahan yang berkualitas, mengutamakan kenyamanan pelanggan. Selain itu karyawan Cookycake Catering dibekali pengetahuan khusus mengenai pembuatan serta bahan yang digunakan dan tips untuk memasak agar ketika ada pertanyaan dari pelanggan, karyawan bisa menjawab dengan tegas dan tanpa ragu-ragu. Dalam hal ini Cookycake Catering tidak takut akan datangnya pesaing dikarenakan berbagi tips dan resep hal ini dikarenakan sesuai dengan cara dagang nabi Muhammad saw yang akan memberitahukan tips atau resep dalam berdagang apabila ada yang ingin mengetahuinya dan akan menjadi manfaat dan keberkahan tersendiri. Dari komunikasi ini, terbangun kepercayaan pelanggan terhadap Cookycake Catering. Cookycake Catering juga berusaha membangun komunikasi diluar proses transaksi, seperti mengecek pelanggan setelah menggunakan layanan sehingga lebih mendekatkan karyawan dengan pelanggan serta Cookycake Catering dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pelayanan yang diberikan.
0 komentar on "KUALITAS PELAYANAN"
Posting Komentar