Selasa, 21 Mei 2013

BUKTI FISIK (PHYSICAL ENVIRONMENT)

Diposting oleh Unknown di 1:54:00 PM


Shamhatur Robiah (10510021)
BAB XI
BUKTI FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)

Physical environment atau bukti fisik merupakan suatu hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Bukti fisik adalah lingkungan fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyediaan jasa serta konsumen berinteraksi, ditambah elemen tangible yang digunakan untuk mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa itu.
UNSUR-UNSUR PHYSICAL EVIDENCE
·         Lingkungan Fisik (service scapes)
Manusia sebagai makhluk sempurna tetap tidak luput dari kekurangan, dalam arti segala kemampuannya masih dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam perusahaan (interior), dan dapat juga dari luar perusahaan (eksterior). Hal-hal tersebut dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil kerja manusia. Lingkungan fisik dibagi menjadi dua,
·         Lingkungan Eksterior merupakan lingkungan atau penampilan luar dari sebuah perusahaan yang dapat menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu dalam mendesain bagian luar perusahaan harus memperhatikan seperti :
o    Desain eksterior, eksterior selalu dikaitkan dengan seni atau keindahan, dimana eksterior adalah cerminan awal dari pengunjung dalam beraktivitas. Cookycake Catering mengatur desain eksteriornya secara menarik seperti lukisan-lukisan dan foto yang dipajang di ruangan toko dan café yang kebanyakan lukisannya dan foto menggambarkan tentang makanan dan alam. Hal ini diharapkan mampu menarik keinginan konsumen.
o    Signage adalah setiap jenis grafik visual dibuat untuk menampilkan informasi kepada khalayak tertentu. Pada Cookycake Catering, signage digunakan diantaranya tanda panah dengan ukuran besar di bagian depan tepatnya tepi jalan agar menarik perhatian masyarakat untuk mengarahkan pandangannya ke arah yang dituju anak panah tersebut, di waiting room terdapat signage berisi ”terima kasih karena menunggu”, tulisan selamat datang, petunjuk tentang no smoking area dan smoking area, dll.
o    Area parkir untuk umum di luar badan jalan dapat berupa taman parker. Untuk lebih memanjakan konsumen, Cookycake Catering  menyediakan taman parkir yang lebih menarik dan gratis.
·         Lingkungan Interior, merupakan penampilan di dalam sebuah perusahaan. Dalam merancang lingkungan interior harus dapat menampilkan suasana yang nyaman dan aman bagi pelanggan. Fasilitas yang mempengaruhi terbentuknya suatu lingkungan fisik yang berasal dari dalam antara lain :
o    Desain interior adalah profesi yang kreatif dan solusi – solusi teknis yang diterapkan dalam struktur yang dibangun untuk mencapai lingkungan interiornya. Desain di ciptakan sebagai respon terhadap dan terkoordinasi dengan kode dan persyaratan peraturan dan mendorong prinsip – prinsip lingkungan yang ada di dalam ruangan. Penggunaan kursi dan meja Cookycake Catering sangat nyaman digunakan untuk bersantai dan juga untuk acara resmi.
o    Peralatan adalah segala keperluan yang digunakan manusia untuk mengubah lingkungan sekitar, termasuk dirinya dan orang lain, dengan menciptakan alat-alat sebagai sarana dan prasarana. Cookycake Catering melengkapi fasilitas yang menjadi kebutuhan staf dengan sarana yang berkualitas tinggi demi peningkatan kinerja dan hal ini dapat menambah nilai lebih dari konsumen kepada perusahaan. Seperti pakaian seragam yang menarik dan berkelas, ruang ber-AC, computer/laptop bagi admin serta dilengkapi fasilitas internet(wifi) yang juga bisa dinikmati konsumen. Dan untuk peralatan cateringnya juga harus benar-benar dijaga kebersihannya supaya kualitas dan keamanan makanan tetap terjaga.
o    Tata ruang, penataan peralatan untuk toko dan cafe pada Cookycake Catering disusun berdasarkan fungsi (fungsionalnya). Seperti bagian depan pintu terdapat rak-rak yang berisi pilihan kue-kue yang tersedia di Cookycake Catering. Dan di bagian depan terdapat meja dan kursi untuk bagian cafenya. Dan satu sisi pojok terdapat waiting room dimana pelanggan bisa menunggu pesanan di tempat tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya suatu lingkungan fisik yang berasal dari dalam adalah semua keadaan yang terdapat disekitar tempat kerja antara lain yaitu :
·         Penerangan (Lighting), berdasarkan penelitian, cahaya lampu yang tidak memadai akan berpengaruh negatif terhadap ketrampilan kerja. Penggunaan cahaya pada Cookycake Catering berbeda-beda, tergantung fungsi dan aktivitas yang terjadi dalam ruangan. Pada bagian administrasi dan pelayanan pencahayaannya lebih terang, pada ruang tunggu juga terang, sedangkan pada café bagian luarnya sedikit redup pada malam hari dan menggunakan cahaya lampu dan lilin.
·         Temperatur dan kelembaban dapat mempengaruhi semangat kerja kondisi fisik dan emosi yang dapat mempengaruhi motivasi kerja kerja karyawan. Dibagian dalam took Cookycake Catering pada umumnya disetting sejuk dan berAC sedangkan pada café bagian luar terdapat pohon yang rindang agar pelanggan merasa sejuk.
·         Sirkulasi Udara, jika kondisi didalam kantor yang kemungkinan penuh dengan karyawan sangatlah perlu diperhatikan adanya pertukaran udara yang cukup terutama didalam ruangan kerja dan cafe. Cookycake Catering telah menyiapkan ruang tunggu dan jumlah karyawan juga terbatas sehingga kondisi penuh dan berdesak-desakan bisa dihindari.
·         Kebisingan yaitu bunyi yang tidak dikehendaki oleh telinga. Cookycake Catering telah diatur beberapa music untuk menghindari kebisingan.
·         Bau-bauan, adanya bau-bauan yang dipertimbangkan sebagai “polusi” akan dapat mengganggu konsentrasi pekerja. Tidak diperlukan pengharum ruangan akan tetapi bau khas dari kue dan roti yang menjadi cirri khas pada Cookycake untuk menarik keinginan pelanggan untuk merasakan kue dan masakan yang terdapat di Cookycake Catering.
·         Pewarnaan, warna ruang kantor yang serasi dapat meningkatkan produksi, meningkatkan moral kerja dan menurunkan terjadinya kesalahan kerja. Warna hijau dipilih untuk menambah kesan kealamian dan kesegaran.
·         Kebersihan, tim kebersihan atau cleaning service telah membagi tugas secara paruh waktu sehingga jauh lebih bertanggung jawab atas tugasnya.
·         Lingkungan Pendukung Perusahaan lain :
o    Kartu nama (business card) adalah sebuah keharusan bagi seorang profesional. Kartu nama Cookycake Catering, namun pemberian kartu nama diberikan lebih dari satu karena diharapkan konsumen tersebut secara tidak langsung memasarkan Cookycake Catering dengan memberikan kartu nama tersebut kepada orang lain.
o    Brosur Cookycake Catering  selalu tersedia di meja bagian recepcionis dan waiting room.
o    Halaman web adalah suatu dokumen atau sumber informasi yang sesuai untuk World Wide Web dan dapat diakses melalui web browser dan ditampilkan di layar komputer.
o    Seragam.
o    Laporan keuangan Cookycake Catering telah ditangani karyawan bagian administrasi dan akunting.

2 komentar on "BUKTI FISIK (PHYSICAL ENVIRONMENT)"

Unknown on 12:49 PM, September 13, 2016 mengatakan...

informasi anda berguna. izin mau download

Unknown on 12:50 PM, September 13, 2016 mengatakan...

tulisan anda berguna. izin download bunda

Posting Komentar

 

Cookycake Catering Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by web hosting